Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan

 Pelajaran yang Efektif dan Menyenangkan bagi AUD

Assalamualaikum

Memberikan pelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi Anak Usia Dini sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, Anak usia TK termasuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga orang tua atau guru harus memaksimalkan pembelajarannya.

Sipat anak usia dini sangat aktif sekali dengan hal-hal yang bersipat baru, Anak TK juga cepat sekali mengalami rasa bosan, sehingga sebagai orang tua dan guru harus benar-benar tau cara memberi pelajaran untuk anak TK yang tepat. Lalu apa saja cara yang tepat untuk pengajaran efektif dan menyenangkan untuk anak TK?

1. Pembelajaran menggunakan media gambar

Anak-anak sangat suka sekali dengan suatu pembelajaran yang disajikan dengan media gambar oleh karena itu buatlah gambar yang kreatif dan mudah dipahami oleh anak ,dengan menggunakan media gambar maka pesan atau pembelajaran yang akan di sampaikan pada anak akan lebih mudah di terima oleh anak.

2. Menciptakan lagu yang menyenangkan

Pada dasarnya anak-anak sangat senang sekali dengan kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi sehingga anak-anak mudah mengingat dan menghafal lagu yang sudah di ajarkan oleh guru,sebagai guru kita dapqt menciptakan lagu yang kreatif yang bisa memberikan informasi pembelajaran.

3. Mengajak anak untuk aktif berbicara

Anak akan merasa bosan jika anak selalu disuruh mendengarkan informasi maka dari itu berilah anak kesempatan untuk berbicara sesuai pemikirannya sehingga akan tercipta suasana yang lebih hidup dan menyenangkan.

4. Mengijinkan anak berekspresi

Anak-anak mempunyai kreatifitas yang tinggi asalkan guru dapat membantunya mengeluarkan semua ide yang ada pada anak  izinkan mereka untuk mengeluarkan kreatifitasnya seperti hasil karya menggambar,mewarnai,bermain balok dan kegiatan lainnya yang dapat menunjang kreatifitas anak.

5. Memainkan karakter

Dalam memberikan pelajaran pada anak harus pintar-pintar menarik minatnya  jangan sampai anak mudah bosan dengan pembelajaran yang kita sajikan,sebagai guru kita dapat membuat berbagai karakter lucu dengan berbeda beda suara  

Misalnya dalam pembelajaran guru membawa aksesoris misalnya boneka tangan dengan bermacam macam karakter dan menggunakan suara-suara yang berbeda dengan demikian dalam menerima pembelajaran anak tidak akan mudah bosan.

Terima kasih 

Semoga bermanfaat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun komunikasi dalam proses belajar

Cara Asyik Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini

Cara melatih disiplin pada anak