Cara Asyik Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini

 Assalamualaikum sahabat semua apa kabar? semoga kita semua slalu ada dalam lindungan Allah SWT

Pada hari ini saya akan berbagi ilmu mengenai cara belajar atau mengenalkan angka pada anak didik kita supaya tidak bosan dan  menjadi lebih asyik semangat dan menyenangkan.

1. Menyanyikan lagu tentang angka

Melalui nyanyian, anak akan lebih mudah mengenal konsep angka. Ajak anak bernyanyi bersama lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu. Lagu itu mengenalkan anak kepada bilangan dan urutan. Lagu lain yang bisa dinyanyikan, misalnya, Dua Mata Saya. Selain angka, lagu itu juga mengajarkan balita tentang konsep jumlah.


2. Menghitung mainannya

Guru bisa menggunakan mainan anak sebagai sarana mengenalkan angka. Saat anak bermain atau membereskan mainan bersama Anda, ajak ia menghitung jumlahnya, seperti, “Lihat, bonekanya atau mobilannya ada tiga. Satu… dua dan tiga.” Atau, “Yuk, kita masukkan mobil-mobilannya ke kotak, sambil dihitung. Satu… dua… tiga….” Jadi, setiap bermain, anak akan terbiasa menghitung secara sederhana.


3. Mencocokkan angka dan gambar

Caranya, Guru menulis angka 1 sampai 10 di satu set kartu, lalu menggambar jumlah benda yang sesuai dengan angka yang ditulis (misalnya, 2 lingkaran atau 3 kotak) di set kartu lain. Ambil selembar kartu berisi angka, dan minta anak mencocokkannya dengan gambar yang sesuai jumlahnya. Sebutkan juga angkanya saat mengambil kartu. Contohnya, Anda berkata, “Enam,” saat mengambil kartu angka 6. Ajak juga anak menyebutkan angkanya saat ia mencocokkan.


4. Membuat gambar

Salah satu kegiatan favorit anak adalah menggambar. Nah, Guru juga bisa mengajarinya tentang jumlah dan angka lewat aktivitas tersebut. Tulis sebuah angka di selembar kertas, dan minta anak Anda membuat gambar sejumlah angka yang Anda tulis tadi. Misalnya, jika Guru menulis angka 1, maka anak menggambar sebuah lingkaran. Bisa juga Anda menulis angka 1, anak menempelkan sebuah stiker di kertas tersebut.


5. Bermain engklek atau 

Ajak anak melakukan permainan tradisional engklek di luar kelas. Selain mengasah kemampuan motorik kasarnya, engklek juga bisa melatih anak belajar urutan bilangan. Gambarlah kotak-kotak engklek disertai angka-angkanya dengan kapur. Ajak anak melompat ke kotak nomor 1, lalu nomor 2, dan seterusnya, sembari menyebutkan angka di dalam kotak yang ia pijak.


6. Bergoyang angka

Ajak anak melakukan goyangan angka. Saat Guru menyebutkan sebuah angka, anak akan menari dan bergoyang sebanyak angka yang disebutkan. Misalnya, jika Anda bilang, “Tiga,” anak dapat menari dan menggoyangkan pinggulnya tiga kali.


Nah...dengan melakukan beberapa cara tersebut anak-anak pasti senang dan tidak bosan dalam belajar mengenal angka.

Terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun komunikasi dalam proses belajar

Cara melatih disiplin pada anak