Pentingnya Belajar Berbagi

    Assalamualaikum semuanya....

    Berbagi adalah tindakan memberikan sesuatu, baik berupa barang, waktu, pengetahuan, atau perhatian kepada orang lain dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan atau penggantian secara langsung. 

Berbagi adalah sikap ikhlas untuk membantu, memberikan, atau menyalurkan manfaat kepada orang lain, baik dalam situasi yang menyenangkan maupun dalam situasi yang sulit.

Melalui berbagi anak belajar bahwa apa yang mereka miliki adalah pemberian Tuhan. Anak-anak hanyalah pemeliharanya.

Nah...kita tanamkan sejak dini tentang indahnya berbagi dan manfaatnya

Manfaat Mengajarkan Anak Berbagi

1. Menumbuhkan Rasa Syukur

Manfaat pertama dari hidup berbagi adalah menumbuhkan rasa syukur. Dibandingkan dengan menerima sesuatu, memberikan dapat lebih membahagiakan. Berbagi kepada sesama juga tidak harus dalam jumlah besar.Berbagi dengan sesama dapat disesuaikan dengan kemampuan. Masyarakat dapat menyisihkan sebagian uang atau tabungan untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan.

2. Meningkatkan Rasa Kepedulian

Banyak orang yang memiliki kehidupan tidak beruntung hingga kesulitan untuk mencukupi kebutuhannya. Keinginan untuk berbagi kepada sesama datang karena memiliki kepedulian terhadap sesama.Bantuan-bantuan yang dirasa kecil, mungkin membawa manfaat yang besar bagi orang lain. Oleh sebab itu, sebenarnya memberikan bantuan tidak harus dalam jumlah yang besar.

3. Menularkan Kebaikan

Berbagi kepada sesama juga dapat menularkan kebaikan. Orang-orang yang pernah dibantu biasanya akan melakukan hal yang sama kepada orang lain yang membutuhkan. Itulah yang disebut dengan kebaikan yang menular.

Nah...itulah tiga manfaat belajar berbagi yuk kita tanamkan sejak dini.

Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun komunikasi dalam proses belajar

Cara Asyik Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini

Cara melatih disiplin pada anak